Tuesday, January 13, 2009

PERINGATAN 10 MUHARRAM ( LEBARAN ANAK YATIM ) OLEH MAJLIS TA'LIM NURUL HIKMAH BEKERJA SAMA DENGAN FORKABI SUBRAN 05 BAMBU APUS DAN P.DEMOKRAT






Tanggal 10 Januari 2009 lalu kami mengadakan santunan anak yatim dan janda miskin dilingkungan kami, tapi sebelum lebih jauh membahas mengenai kegiatan kami, akan kami sampaikan apa yang mendasari terjadinya hal tersebut.

Pada dasarnya pada 10 Muharram tersebut banyak peristiwa bersejarah terjadi diantaranya :

1. Nabi Adam bertaubat kepada Allah.

2. Nabi Idris diangkat oleh Allah ke langit.

3. Nabi Nuh diselamatkan Allah keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama enam bulan.

4. Nabi Ibrahim diselamatkan Allah dari pembakaran Raja Namrud.

5. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa.

6. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara.

7. Penglihatan Nabi Yaakob yang kabur dipulihkkan Allah.

8. Nabi Ayub dipulihkan Allah dari penyakit kulit yang dideritainya.

9. Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam.

10. Laut Merah terbelah dua untuk menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari tentera Firaun.

11. Kesalahan Nabi Daud diampuni Allah.

12. Nabi Sulaiman dikurniakan Allah kerajaan yang besar.

13. Hari pertama Allah menciptakan alam.

14. Hari Pertama Allah menurunkan rahmat.

15. Hari pertama Allah menurunkan hujan.

16. Allah menjadikan 'Arasy.

17. Allah menjadikan Luh Mahfuz.

18. Allah menjadikan alam.

19. Allah menjadikan Malaikat Jibril.

20. Nabi Isa diangkat ke surga setelah usaha Roma untuk menangkap dan menyalibnya gagal

21. Hari berkabungnya atas kesyahidan Husain bin Ali, cucu dari Nabi Islam Muhammad pada Pertempuran Karbala tahun 61 H (680)


Dan masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada tanggal tersebut, akan tetapi yang sangat berkenaan dengan disebutnya 10 Muharram sama dengan Lebaran anak Yatim adalah perisiwa Pertempuran Karbala tahun 61 H dimana pada perang tersebut semuanya gugur dan menjadikan anak-anak mereka menjadi yatim dan istri-istri mereka menjadi janda.

Salah satu surat yang berhubungan dengan anak yatim adalah Surat Al Maun

Bismillahirrahmanirrahiim

1. Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? (QS. 107:1)

2. Itulah orang yang menghardik anak yatim, (QS. 107:2)

3. dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. (QS. 107:3)

4. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (QS. 107:4)

5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. (QS. 107:5)

6. orang-orang yang berbuat riya . (QS. 107:6)

7. dan enggan (menolong dengan) barang berguna . (QS. 107:7)


Atas dasar hal tersebutlah kami ( Majlis Ta'lim Nurul Hikmah ) mengadakan santunan kepada anak yatim dan janda miskin setiap tahunnya. Setelah sekian lama, baru mulai tahun kemarin mulai bekerja sama sengan pihak luar yaitu dari FORKABI Bambu Apus Subran 05, dalam hal ini santunan mulai meningkat baik dari sisi financial dan tenaga juga skup area yang disantuni yaitu dari sekedarnya menjadi satu RW. Kemudian tahun ini meningkat lebih baik lagi yaitu sampai tingkat Kelurahan Bambu Apus dengan jumlah 76 orang anak yatim dan 46 orang janda miskin. Peningkatan ini juga diiringi dengan meningkatnya kerja sama dengan pihak luar yaitu dari Donatur tetap ditambah FORKABI Bambu Apus Subran 05 dan P.DEMOKRAT.


Acara tersebut berlangsung dengan baik dengan dihadiri oleh orang-orang yang cukup penting dilingkungan yaitu Ketua Panitia Pelaksana (Ibu Dewi), Pembina Majlis Ta'lim (Ibu Evik), Pelaksana dari FORKABI Subran 05 (Bapak Evik Budianto H. SE ) dan perwakilan dari DPC FORKABI Cipayung Bapak Alen, Caleg dari DEMOKRAT ( Bapak H.Tri Yulianto.SH "DPRRI No.1" dan H.Mujiono SE "DPRD No.8" dan H. Misan Samsuri SE "DPRD No.4" ), kemudian dari anak FORKABI yang mengusung PSI caleg DPRRI No.1 dapil Yogyakarta Nipan Suprapno, dan tidak lupa Ibu Lurah Bambu Apus dan Perwakilan dari RW 05 juga para Donatur yang tidak bisa disebutkan satu persatu.


Selain acara santunan juga diisi dengan tausiah dari Ustajah Maiyanah dari Cilangkap dan Abunawas dari Condet. Dan aqiqah dari saudara Novendi untuk anak perempuannya.

Yang paling penting adalah coba kita sisihkan sedikit dari rezeki yang kita miliki, ingat sebagian milik kita ada hak-hak "mereka" yang perlu diberikan kepada "mereka" dan kalau kita tidak bisa membantu dengan materi maka beramallah dengan tenaga dan fikiran anda.(Ombay)
NB :Mohon maaf bila tidak semua gambar ditampilkan karena keterbatasan kapasitas, dan juga terima kasih untuk FORKABI dan TIM IBU2x yang sudah dari 2 hari sebelumnya bekerja mempersiapkan acara sampai selesai

No comments:

Post a Comment

Isi Komentar anda di sini :

Post a Comment